Bahaya Rokok Bagi Kesehatan





TERIAK - Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, kata seperti itu bukan hal baru yang perlu dibicarakan ke semua manusia. Namun tetap saja harus kita tuliskan apa saja penyebab yang timbul akibat dari merokok.

Sebab sebenarnya sudah banyak peringatan dan pesan yang sering kita dengar dari berbagai media mengenai bahaya rokok tersebut, bahkan sebenarnya sudah ada peringatan mengenai bahaya rokok itu sendiri d kemasannya. Nah yang jadi penasaran penulis, kenapa para piktor tak berhenti merokok saja. Entar piktor nyesal tidak mau berhenti merokok setelah membaca bahaya rokok bagi kesehatan dibawah ini:

1. Nikotin.

Nikotin adalah sebuah zat yang mengandung candu. Bahkan Nikotin bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk terus menghisap rokok dan efeknya bisa ketergantungan, merusak jaringan otak, menyebabkan darah cepat membeku dan mengeraskan dinding arteri.

2. Tar.

Tar adalah bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru, dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker. Efeknya untuk tubuh manusia adalah, membunuh sel dalam saluran darah, meningkatkan produksi lendir di paru-paru dan menyebabkan kanker paru-paru.

3. Karbon Monoksida.

Ini merupakan gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung. Sebab gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh sehingga pengaruhnya bagi tubuh manusia, yakni, mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen dan menghalangi transportasi dalam darah.

4. Karsinogen.

Zat satu ini yang terdapat pada rokok mengakibatkan tubuh manusia memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh lebih cepat.

5. Iritan.

Zat ini bisa mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru. Inilah yang membuat perokok terkena batuk.

Sementara penyakit yang sering diderita perokok, yakni, Kanker Paru, Kanker Kandung Kemih, Kanker Payudara, Kanker Serviks, Kanker Kerongkongan, Kanker Pencernaan, Kanker Ginjal, Kanker Mulut, Kanker Tenggorokan, Serangan Jantung, Penyakit Jantung Koroner (PJK), Aterosklerosis, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), Impotensi, Gangguan medis lainnya dan Kanker satu lagi adalah Kantong Kering.

Sebab jika piktor mengabiskan duit hanya untuk beli rokok 1 hari Rp. 20 ribu sebulan udah bisa buat cicil motor kalau di tabung. Hahahah Ciyuss mari kita berhenti merokok. Taraaa..***

Comments