Cara Mengetahui Tulisan Straight News di Berita




TERIAK - Informasi tentang bagaimana berita Straight News mungkin sering diperbincangkan para piktor. Bahkan sampai saat ini para piktor masih saja mencari pengetahuan tentang berita Straight News.

Nah mau buktinya, sekarang piktor aja membaca bagaimana mengetahui tulisan Straight News di Berita. Betul gak?

Karena dari pada banyak basa-basi tak kunjung selesai, langsung saja kita masuk ke topik. Tulisan Straight News biasa disebut banyak wartawan dan penulis adalah berita langsung.

Ciri-Ciri Straight News yakni dengan menyajikan unsur 4W yaitu What, Who, When dan Where. Lah kenapa bisa beda dengan berita yang harus 5 W dan 1 H, karena bentuk penyajiannya mengedepankan tulisan pesan utama, tidak mengulas lebih dalam tentang topik.

Namun ada banyak sekarang Straight News pun juga diatur sedemikian rupa, yakni, 5W dan 1H, sehingga khalayak pembaca bisa mengetahui makna yang terkandung dalam tulisan itu.

Sedangkan untuk pola penulisan Straight News sering dipakai media massa terbitan harian. Nah yang jadi kesulitan sekarang fakta yang bagaimana bisa ditulis menjadi bentuk tulisan Straight News.

Sebab tidak semua fakta bisa ditulis dalam bentuk Straight News. Oleh karena itu penulis menyarankan, agar suatu fakta itu bisa ditulis dengan bentuk Straight News, piktor semua harus melihat informasi tentang peristiwa dan bukan fenomena ataupun kasus.

Kemudian, piktor harus melihat informasi itu penting untuk segera diketahui khalayak dan informasi itu Aktual. Sementara untuk karakteristik Straight News sebagai berikut:

1.  Strukturnya piramida terbalik.

Dalam artian teras berita (lead) berupa summary lead, artianya unsur berita what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan) diletakkan dalam lead. Sedang unsur how dan why diletakkan dalam tubuh berita (news body), bila dimungkinkan juga menyajikan fakta-fakta tambahan yang dianggap perlu, sehingga kalau dipandang perlu untuk di ‘cut’ maka tidak akan mempengaruhi isi berita.

2.  Deskripsinya lugas, hanya mengemukakan fakta-fakta yang perlu untuk kejelasan berita.

3.  Irama atau lenggang cerita terkesan terburu-buru.

Itulah Straight News. Dan karena sudah membaca tentang topik ini, Piktor sekalian harus coba untuk menulis Straight News. Setelah selesai menulis Straight News dan berkenan mengirim ke sini, pasti penulis terima dengan hati terbuka. Taraaaaa ***

Comments